Tahun Baru Imlek 2017: Ini Makna Gong Xi Fa Chai yang Salah Diartikan

Tahun Baru Imlek 2017: Ini Makna Gong Xi Fa Chai yang Salah Diartikan

KreatifMedia– Tahun baru Imlek tiba. Bahkan, hari demi hari sudah masyarakat lewai untuk bisa mempersiapkan segalanya agar bisa menyambut tahun baru, yang mana tahun baru ini identik dengan warna merah.
Pada tahun 2017 kali ini, tahun baru Imlek jatuh pada hari Sabtu, tepatnya pada tanggal 28 Januari 2017. Sementara itu, tidak sedikit orang yang memberikan ucapan Gong Xi Fa Chai. Mengenai kalimat yang diutarakan itu, sebenarnya apa arti sebenarnya?
Ternyata, arti kata dari Gong Xi Fa Chai ini banyak yang salah mengartikannya.
Bisa kita lihat jika kalimat Gong Xi Fa Chai ini adalah kalimat yang berarti “Selamat Sejahtera”. Gong Xi itu sendiri memiliki makna Selamat, karena penduduk Cina pada zaman dahulu itu sudah selamat dari adanya binatang buas. Yang selanjutnya, kata Fa Chai mempunyai suatu sejarah singkat dari sebuah kerajaan di zaman dahulu, yang dengan seiring berjalannya waktu, kerajaan tersebut kian membaik di tengah masyarakat Cina
Saat mereka merayakan tahun baru Imlek ini, biasanya, dari mereka akan mengucapkan dengan kata-kata, Xin Nian Kuai Le.
Untuk ungkapan Gong Xi Fa Chai ini biasa diungkapkan oleh orang yang dewasa, bahkan juga anak-anak yang berkunjung. Kalimat ini sendiri bisa dikatakan sudah tak asing lagi jika diucapkan saat sedang berkunjung untuk bisa saling berbagi suka cita dalam merayakan Tahun Baru Imlek bagi masyarakat kalangan Cina tersebut.
Sementara itu, jika di kalangan anak-anak, biasanya memberikan imbuhan Han Bao Na Lai setelah ucapan Gong Xi Fa Chai, yang berarti Angpao kesini dong! Sudah bukan menjadi hal yang asing lagi di mata mereka.
Memang, makna dari sebuah ucapan itu sendiri harus bisa diketahui apa artinya sehingga tidak akan terjadi kesalahpahaman atau salah dalam mengartikan alias menafsirkan, sehingga tidak menjerumuskan masyarakat kebanyakan di waktu yang akan datang.
Jadi, bukan Gong Xi Fa Chai untuk mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek, melainkan Xin Nian Kuai Le untuk bisa merayakan Tahun Baru Imlek tersebut dengan bahagia.
Terima Kasih.